Sukseskan Sensus Penduduk, BPS Gaet Mahasiswa

PedomanNusantara.com, – Untuk mensukseskan rangkaian sensus penduduk tahun 2020. Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bengkulu menggelar rapat kordinasi kampus (Rakorpus) bersama Mahasiswa Statistika di Kampus 4 Universitas Bengkulu (Unib), Padang Harapan. Kamis 11/3/2030.

Kepala BPS Provinsi Bengkulu, Dyah Anugrah Kuswardani, MA mengatakan, kegiatan ini merupakan lanjutan dari sensus yang dilakukan secara online.

“Kegiatan ini intinya adalah pengukuhan sahabat sensus Unib, bersama Mahasiswa jurusan Statistika,” ungkap Dyah.

Kegiatan ini melakukan sensus ke 7 iyang dilakukan di 24 Universitas provinsi yang mempunyai jurusan statistika, program ini juga merupakan program yang dicanangkan oleh BPS Pusat atas rekomendasi dari Universitas Negeri.

“Sensus penduduk 2020 ini minim sekali peran masyarakat untuk ikut berpartisipasi, kurangnya peran tersebut tentu belum bisa mencapai target yang sudah ditentukan oleh BPS sendiri,” imbuhnya.

Lanjutnya, sensus penduduk dilaksanakan dengan tujuan untuk mendapatkan informasi jumlah, komposisi, distribusi dan karakteristik penduduk. Dengan adanya sensus penduduk 2020 ini. Harapnya bisa mencatat Indonesia menuju satu data kependudukan untuk Indonesia maju.

“Dengan program tersebut kita berharap ditahun-tahun yang akan datang kita tidak lagi melakukan sensus secara manual ( wawancara  “door-to-door” ),” pungkas Dyah.

Sesuai dengan amanat Undang-undang No 16 Tahun 1997, UN  (2017) Principles and Recommendation for Population and Housing Cencuses Revision 3 dan Perpres No 39 Tahun 2019, BPS diamanatkan melaksanakan Sensus Penduduk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *