Shalat Ied Dirumah Saja

Bengkulu – Kendati jatuhnya 1 Syawal 1441 Hijriah baru akan ditentukan setelah melihat rukhyatul hilal pada Jumat, (18/5/2020) mendatang, namun Kantor Wilayah Kementrian Agama (Kanwil-Kemenag) Provinsi Bengkulu dari jauh-jauh hari menghimbau seluruh umat muslim agar melaksanakan shalat Hari Raya Idul Fitri (Ied) dirumah saja.

Hal itu untuk memutus mata rantai penyebaran corona virus disease (Covid 19) di Provinsi Bengkulu.

“Masyarakat diminta mematuhi imbauan pemerintah dan Kemenag, karena wabah ini belum berakhir. Beda jika ada himbauan terbaru, nantinya akan kita sampaikan kembali kepada masyarakat,” ungkap Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, H. Drs. Bustasar, ketika dihubungi wartawan pada Senin, (18/5/2020).

Dikatakan Bustasar, himbauan untuk mengupayakan agar tidak melaksanakan shalat berjamaah di Masjid ataupun lapangan terbuka pada Hari Raya Idul Fitri tahun ini, akan disampaikan jajarannya ke seluruh masjid yang ada dalam wilayah Provinsi Bengkulu.

Apalagi mengenai hukum shalat Ied dirumah, hukumnya sunnah dan dalam kondisi darurat sangat diperbolehkan melaksanakannya di kediaman masing-masing, asalkan tetap berjamaah dalam jumlah terbatas.

“Kita juga sudah menyiapkan naskah Kutbah Ied untuk dirumah dalam bahasan Indonesia dan Arab. Silakan bagi masyarakat yang mau bisa mengambilnya ke Kantor Urusan Agama (KUA) setempat dan didengarkan ketika usai shalat menggunakan elektronik yang ada,” terangnya.

Lebih lanjut ditambahkan, hal yang diperbolehkan dilaksanakan di masjid sebelum dan sesudah shalat Ied, yakni takbir, tahlil dan tahmid. Hanya saja jika ingin rumah juga sangat baik.

“Diperbolehkan kegiatan takbir, tahlil dan tahmid di Masjid, karena jumlah orang yang berkumpul tidak terlalu banyak. Tapi tetap juga harus mematuhi imbauan pemerintah, seperti mengatur jarak, hindari berjabat tangan secara langsung dan lain-lainnya,” jelasnya.

Secara terpisah, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Bengkulu Prof. Dr. H. Rohimin menambahkan, sesuai dengan Fatwa MUI pusat, untuk pelaksanaan ibadah Shalat Ied tahun ini dirumah saja.

“Tetap boleh dilaksanakan, tapi dirumah saja. Itu sesuai Fatwa MUI pusat dan instruksi dari Kementerian Agama RI,” pungkas Rohimin.