Pamit Ke China, Menhan Prabowo Ambil Alat Penanganan Corona

Pedomannusantara.com, Jakarta – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto meminta izin untuk pergi ke Shanghai, China, menggunakan pesawat TNI, Rabu (18/3).

Menurut Dahnil Anzar Simanjuntak, selaku juru bicara Menhan mengatakan, kepergian Prabowo ke Shanghai adalah untuk mengambil alat-alat kesehatan untuk menangani wabah corona.

“Menhan Prabowo Subianto meminta penggunaan Pesawat TNI untuk mengambil alat-alat kesehatan dari Shanghai, untuk mempermudah proses birokrasi G to G yang cepat dibandingkan penggunaan fasilitas lain,” kata Dahnil dalam keterangannya, Kamis (19/3/2020), dilansir dari mediaindonesia.com

Permintaan itu tertuang dalam Surat Menhan Prabowo Subianto dengan Nomor: B/667/M/III/2020 tertanggal 18 Maret 2020 yang ditujukan kepada Panglima TNI perihal pengambilan alat kesehatan.

Menurut Dahnil, alat-alat tersebut akan membantu Gugus Tugas COVID-19. Hal tersebut sesuai dengan perintah Presiden Jokowi yang meminta seluruh pihak bergerak membantu.

“Alat kesehatan yang akan diangkut dari China meliputi disposable masks , masker N-95, protective clothing , kecamata pelindung, sarung tangan, pelindung sepatu, infrared thermometer dan surgical caps,” lanjut Dahnil.

Alat-alat tersebut nantinya akan disiapkan untuk digunakan oleh tim medis Kemhan dan TNI. Tim medis itulah yang diterjukan untuk membantu Gugus Tugas COVID-19 dan para dokter dalam penanganan corona.

“Nantinya dipersiapkan bisa digunakan oleh tim medis Kemhan dan TNI untuk membantu Gugus Tugas Covid 19 dan para dokter yang sudah berjuang di lapangan dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid 19),” tandasnya.