Imunitas Tinggi, Mampu Tangkal Virus Corona | Pedoman Nusantara

PedomanNusantara.com, Jakarta – Covid-19,atau biasa disebut virus Corona yang saat ini buming dibicarakan disemua kalangan masyarakat.

Tak heran saat ini pemerintah tengah mengusahakan agar Virus Corona ini dapat dikendalikan bahkan berharap virus ini tidak menyebar keseluruh penjuru negara Ibu Pertiwi ini.

Hingga saat ini memang belum ada obat penawar yang mampu menyembuhkan pasien, namun ada kabar baik, salah satu pasien yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona, berhasil sembuh.

Dihitung secara global, tingkat kesembuhan pasien terjangkit virus corona relatif tinggi. Sebanyak 5 pasien positif Covid-19 di Indonesia telah sembuh dan diizinkan pulang ke rumah.

Angka kesembuhan lebih dari 50 persen dari total angka terinfeksi. Tentu saja kabar hal ini dapat meyakinkan bahwa virus corona mampu dikalahkan.

Untuk penanganan Virus Corona ini, juru bicara pemerintahan Achmad Yurianto mengatakan, faktor terbesar yang mampu menyelamatkan pasien hanya satu yaitu imunitas tubuh yang baik.

“Ya pasti ada, yaitu daya tahan tubuh dia (pasien). Artinya, bila daya tahan tubuhnya tidak bagus ya tidak sembuh-sembuh,” kata Yuri. Dikutip dari Kompas.com, Kamis (16/3/2020).

Lalu bagaimana cara untuk meningkatkan sistem imunitas yang baik?

  1. Menerapkan Pola Hidup Sehat
  2. Perbanyak makan sayur dan buah
  3. Cukupi istirahat
  4. Hindari stres
  5. Rutin berolahraga
  6. Hindari rokok dan alkohol

Selain cara tersebut dr. Allert Benedicto Ieuan Noya menyebutkan sebagian orang memilih untuk mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan imunitas tubuh. Konsumsi suplemen mungkin dapat menjadi pilihan untuk melengkapi pola makan yang kurang bernutrisi.

Berikut suplemen yang direkomendasikan :

Echinacea

Suplemen yang mengandung echinacea cukup direkomendasikan. Selain mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, echinacea dipercaya bermanfaat sebagai antivirus, antiradang, dan antioksidan. Oleh karena itu, bahan ini diyakini dapat membantu tubuh melawan virus penyebab flu, membantu pertumbuhan sel, serta mengontrol kadar gula darah dan tekanan darah.

Morinda citrifolia atau buah mengkudu

Buah yang dikenal dengan sebutan mengkudu ini mengandung berbagai macam zat yang dibutuhkan tubuh. Misalnya kalium yang terkandung pada mengkudu, mampu meningkatkan stamina dan kekebalan tubuh, serta memperbaiki kerusakan sel. Namun, Anda yang memiliki riwayat penyakit ginjal, jantung, atau penyakit liver, disarankan untuk menghindari konsumsi suplemen yang mengandung mengkudu. Sebaiknya konsultasi ke dokter sebelum mengonsumsi suplemen ini.

Phylantus atau daun meniran

Meski memerlukan penelitian lebih lanjut, daun meniran dianggap mengandung berbagai macam senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan. Misalnya kandungan antioksidan yang terdapat dalam daun meniran, berfungsi melawan radikal bebas dan memperkuat sistem imun tubuh.

Mengandung vitamin B6, C, dan E

Suplemen yang mengandung vitamin B6, vitamin C, dan vitamin E cukup direkomendasikan. Ketiga vitamin ini dapat memberi manfaat bagi tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh lebih optimal.