Hari Ini WHO Imbau Masyarakat Pakai Masker

Jakarta, pedomannusantara.com – Sesuai instruksi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Wabah Corona, Achmad Yurianto mengatakan penduduk cukup mengenakan masker kain yang bisa dipakai berulang kali setelah dicuci.

Sedangkan untuk tenaga medis diharuskan mengenakan masker medis dan tipe N95.

“karena kita tidak tahu orang di luar, tanpa gejala, kita tidak tahu mereka sumber penyakit, jadi semua warga harus menggunakan masker,” kata Yuri di Gedung BNPB, Jakarta, Minggu (5/4).

Lanjutnya, upaya seperti ini memang sangat dianjurkan, mengingat masih banyak masyarakat yang berkeliaran di daerah-daerah.

“Ini upaya untuk cegah penularan, karena kita tidak tahu bahwa di luar banyak kasus tanpa gejala potensi menular ke kita. Cuci tangan pakai sabun. Ini jadi kunci,” imbuhnya.

Tentunya, masker yang biasa dipakai (masker kain) harus sesering mungkin diganti dan dicuci setelah melakukan aktivitas agar bisa digunakan kembali.

“Di luar banyak kasus tanpa gejala yang berpotensi menular ke kita. Sesering mungkin cuci masker dan cuci tangan pakai sabun. Ini jadi kunci,” ungkapnya.

Diketahui, hari ini Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah telah melakukan pemeriksaan tes cepat atau Rapid Test kepada 9.712 warga di seluruh Indonesia, sebagai langkah awal untuk mendeteksi penyebaran virus Corona. [MJ]