Dunia Maya Heboh, Wallpaper Pegunungan Bisa Bikin HP Error

Pengguna media sosial baru-baru ini tengah ramai membicarakan foto pemandangan sebuah danau dengan latar pegunungan yang dibagikan oleh akun Twitter @UniverseIce.

Terlihat seperti gambar biasa, foto pemandangan tersebut diklaim dapat membuat smartphone dengan sistem operasi Android crash ketika dipasang sebagai wallpaper.

“Awas !!! Jangan pasang foto ini jadi wallpaper, terutama bagi pengguna ponsel Android! Foto ini bakalan membuat ponsel crash!” tulisnya sambil membagikan foto “danau maut” yang dimaksud.

Meski berbahaya ketika dipasang sebagai wallpaper, foto “danau maut” tersebut dilaporkan nggak akan menimbulkan masalah apabila disimpan dalam galeri ponsel.

Meski belum diketahui secara pasti kenapa foto itu bisa membuat foto hang, namun beberapa teori menyebut bahwa spektrum warna pada foto inilah yang disebut menjadi sumber masalah.

Foto pemandangan tersebut dilaporkan memiliki color space (ruang warna) yang lebih besar dari foto pada umumnya, yang kemudian membuat UI System pada ponsel menjadi crash saat dipasang menjadi wallpaper.

Ice Universe sendiri menemukan bahwa foto “danau maut” yang diunduh dari media sosial Weibo, nggak menyebabkan crash ketika dijadikan wallpaper.

Tetapi foto yang diunggah dan diunduh dari Twitter, disebut tidak mengalami perubahan warna, dan tetap membuat ponsel crash saat foto tersebut dipasang sebagai wallpaper.

“Aku curiga mungkin ini berhubungan dengan color gamut,” kata Ice Universe.

Salah satu cara untuk memperbaiki ponsel yang sudah hang akibat foto tersebut adalah dengan menyetting ponsel melalui bootloader atau masuk pada safe mode dan menghapus file foto pada ponsel.

Namun beberapa pengguna yang tidak beruntung, terpaksa melakukan reset pada pengaturan pabrik, untuk membuat ponsel berfungsi kembali.

Merasa penasaran, beberapa warganet dilaporkan “nekat” memasang foto “terkutuk” ini pada ponsel Android mereka, di mana beberapa dilaporkan nggak mengalami error.

Pada ponsel OnePlus misalnya, ponsel ini ternyata tidak mengalami kendala hang.

Begitu pula saat dicoba di Pixel 4 XL yang menjalankan Android 11, ponsel tersebut tetap berjalan dengan normal dan nggak menunjukkan adanya indikasi error.

Namun, ketika dijalankan pada Google Pixel 3 XL yang menggunakan OS Android 10, ponsel tersebut otomatis mengalami kendala hang.

Menurut WCCF Tech, hal ini terjadi karena Android 11 dilengkapi dengan kemampuan untuk mengubah ukuran color space pada foto, sedangkan Android 10 belum mampu untuk melakukan hal tersebut.