China Klaim Obat Asal Jepang Ampuh Lawan Virus Corona

Pedomannusantara.com, – Ditengah kesibukan dunia mencari vaksin pengobatan melawan virus corona. Pemerintah China justru mengklaim obat flu buatan salah satu perusahan Jepang efektif melawan virus corona.

Obat flu yang disebut-sebut manjur membasmi virus corona ini kabarnya berasal dari perusahaan grup Fujifilm Holdings, FUJIFILM Toyama Chemical.

Direktur Pusat Pengembangan Bioteknologi Nasional China, Zhang Xinmin, menegaskan bahwa favipiravir (obat anti-virus) produk perusahaan Jepang tersebut benar-benar aman serta efektif.

Tingkat keamanannya tinggi, jelas efektif untuk digunakan,” ujar pejabat Kementerian Zhang Xinmin, dikutip dari Nusantaratv.com, Rabu (18/3/2020).

Dokter di Jepang kabarnya memakai obat yang sama dalam uji klinis terhadap pasien corona dengan gejala ringan hingga sedang. Mereka berharap dengan favipiravir, virus tak sampai berkembang dalam tubuh pasien. 

Meski begitu, menurut sumber dari Kementerian Kesehatan Jepang, yang menyatakan Avigan itu tidak efektif dipakai apabila gejala yang dialami pasien sudah parah.

“Kami memberikan Avigan 70-80 pasien. Namun, tidak terlalu bekerja dengan baik ketika virusnya sudah berkembang dalam tubuh,” ujarnya.