Politik & Pemerintah

Poskamling Asal Desa Mojo Mewakili Lumajang di Tingkat Jatim

Administrator | Senin, 20 Juni 2011 - 17:02:25 WIB | dibaca: 282 pembaca

Poskamling asal Desa Mojo mewakili Lumajang di tingkat Jatim

Reporter : mohammad Imron.

Lumajang (suaranusantara.com)- penilaian lomba ( Posko keamanan Lingkungan )Poskamling tingkat Polda jatim yang bertempat di desa mojo kecamatan padang, berlangsung dengan meriah. Pasalnya, acara ini di hadiri oleh direktorat Bimbingan masyarakat (BIMAS) Polda jatim, beserta tamu undangan dari kapolres lumajang, Muspika kecamatan padang, Kepala Desa Mojo,BPD desa Mojo dan RT/RW se Desa Mojo. Acara penilaian ini bertempat di rumah Nur Hadi, ketua Poskamling Putra Mandala sebagai perwakilan lumajang dalam perlombaan siskamling tingkat jatim pada Senin, pukul 10.00 WIB (20/06/2011).

Menurut Arjun, Komisaris besar POlisi (AKBP) Drs.Timbul suroso yang bertindak sebagai tim juri dalam sambutannya mengatakan, bahwa hal ini merupakan program dari Polda jatim maupun Polres setempat untuk meningkatkan keamanan dengan cara membentuk Poskamling di setiap RT/RW sehingga bisa memperkecil tindak kriminal di daerah pedesaan.

Selanjutnya, Polda jatim bagian Bimas melakukan penilaian kepada setiap desa yang membentuk Poskamlim di seluruh Jawa Timur. Hal ini supaya nantinya bisa memberi semangat kepada masyarakat supaya dapat menjaga lingkungannya masing-masing. Ada sekitar 39 Poskamling se- jatim yang di lombakan, termasuk Poskamling Putra Mandala asal Desa Mojo, Kecamatan Padang sebagai perwakilan dari kabupaten lumajang.

Hal serupa, juga di ungkapkan oleh Nur hasan (40), ketua Poskamling Putra Mandala, bahwa dalam menjaga keamanan di lingkungan, perlu kesadaran bersama dari masyarakat. " harus mempuyai tanggung jawab bersama untuk menjaga lingkungan dari tindakan kriminal" ujar pria yang lagi memegang pentongan saat di wawancarai media nusantara.com di Posko Putra Mandala.

Warga RT 26/RW06 di dusun Darungan, Desa Mojo sangat kompak dalam menjaga lingkungan. Di karenakan, dulu banyak terjadi pencurian ternak sapi hampir setiap malam. Maka warga membentuk sistem jaga malam dan mendirikan poskamling mulai tahun 2007 sampai sekarang,dengan poskamling ukuran 2x4 dan mempunyai fasilitas lengkap, agar supaya warga yang watku jaga tetap kerasan.

" kedisiplinan poskamling kami sudah mendapatkan hasil dan bisa mewakili lumajang di tingkat jatim.tandasnya pria berbaju lengan panjang.

jalan Desa yang menuju arah Desa Padang terpaksa di tutup sementara. hal ini, di sebabkan ada peragaan yang di tampilkan oleh Poskamling Putra mandala. Dalam membekuk penjahat yang tertangkap oleh penjaga poskamling.(ron/sur)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)