Opini

Perbaikan Jalan, Sarana Menggali Potensi dan Pemerataan Masyarakat

Administrator | Kamis, 24 November 2011 - 06:11:54 WIB | dibaca: 129 pembaca

Lumajang adalah kota yang terkenal akan potensi kekayaan alamnya yang cukup besar dan menjanjikan seperti hasil pertanian seperti beras dan palawija, hasil perkebunan seperti pisang dan sekarang yang sedang intensif dikembangkan seperti pohon sengon dan hasil pertambangan yang meliputi pasir kali dan pasir besi yang cukup populer di berbagai daerah. Semua potensi yang menjanjikan ini tentu saja membutuhkan suatu sarana jalan yang memadai untuk pengiriman dan transportasi keluar daerah.

Perbaikan jalan ini merupakan langkah yang sangat tepat karena jalan merupakan urat nadi bagi perkembangan ekonomi dan sosial masyarakat. Jalan yang baik membuat perekonomian masyarakat akan tumbuh karena pengiriman barang menjadi lebih teratur sehingga memuaskan antara petani, pedagang dan pembeli. Demikian juga dibidang sosial, masyarakat akan lebih mudah berhubungan antara satu daerah ke daerah lain sehingga hubungan sosial yang ada semakin erat dan tumbuh dengan baik.

Memang Jalan merupakan faktor penunjang utama bagi pertumbuhan masyarakat sehingga dapat mengembangkan potensi yang ada di daerah yang selama ini tidak tersentuh. Hal ini tentu saja merupakan pekerjaan rumah yang cukup panjang karena  luasnya wilayah yang mesti dijangkau dan terkadang tidak bisa memberikan sumbangsih secara instan dalam waktu pendek.

Kita sadar dalam pembangunan seperti infrastruktur jalan tentu ada pertimbangan dan prioritas yang mesti dilakukan, akan tetapi faktor pemerataan tentu saja mesti dipertimbangkan karena hal ini akan memberi nilai lebih dalam pandangan masyarakat. Pembangunan dan perbaikan jalan diharapkan tidak hanya berlangsung di wilayah yang menguntungkan secara ekonomi semata, akan tetapi juga di daerah terpencil   yang masih digali potensinya sehingga kedepan diharapkan akan berkembang menjadi lebih positif dan menguntungkan bagi masyarakat maupun pemerintah. (pim)












Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)