Warta Lumajang

Pemkab Lumajang, Gelar Pasar Murah Ramadhan

Lutfia Amerta S. | Jumat, 19 Juli 2013 - 21:23:38 WIB | dibaca: 266 pembaca

Lumajang, Pasar murah dalam rangka bulan ramadhan digelar di Area Stadion Semeru Lumajang pada Jumat (19/07/13). Didalam pasar murah yang bertajuk “Pasar Ramadhan” ini disediakan tempat sebanyak 40 stand yang diisi oleh beberapa UKM dan Koperasi di Lumajang.

Dalam hal ini Pemkab Lumajang sebagai penyedia acara bekerjasama dengan beberapa instansi terkait seperti Dinas pertanian, Kantor Ketahanan Pangan, serta beberapa instansi lain. Sehingga penentuan harganya pun tergantung dari instansi itu sendiri.

 Dari informasi yang dihimpun Pedomannusantara.com harga yang ditawarkan lebih murah dari yang ada di pasar. Selisih harga antara didalam pasar ramadhan  sama diluar rata-rata berkisar diangka Rp 1.000-2.000. Harga gula pasir misalnya, jika di pasaran berkisar Rp 12.000 per kilogram, di pasar ramadhan hanya Rp 10.000 per kilogram, cabe merah dijual Rp 5.000 per seperempat kilogram atau Rp 20.000 per kilogram, selisih Rp. 2.000 dengan harga diluar yang mencapai Rp 22.000 per kilogram, beras cap jagung dijual dengan harga Rp 8.000 per kilogram, selisih Rp 1.000 dengan beras cap jagung yang dijual di pasaran.

“Gula pasir ini sangat murah mas, ini dari PG Jatiroto. Istilahnya kami sedang cuci gudang dan kami disini juga melayani pembelian dalam skala besar.” Papar salah satu pemilik stand gula pasir sembari menawarkan barangnya kepada warga.

Sementara itun Bupati Lumajang Dr. Sjahraad Masdar, MA mengatakan bahwa pasar murah ini diadakan untuk meringan beban warga Lumajang yang kurang mampu. “ Harga di pasar murah ini lebih murah daripada pasar, kita dapat bantuan dari kementrian koperasi kalau dihitung-hitung senilai Rp 60 ribu itu dijual Rp 12 ribu. Tapi tidak semua orang yang bisa beli, hanya orang miskin, kupon-kupon itu untuk mereka supaya tidak bobol jadi diberikan kupon”papar Bupati Lumajang ini.

Pasar murah Ramadhan ini sengaja digelar di dua tempat sekaligus dengan jadwal berbeda, yakni di Stadion Semeru Lumajang sejak 19 Juli hingga 23 Juli dan di Kecamatan Senduro sejak 21 Juli hingga 24 Juli. (San/red).










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)