Politik & Pemerintah

Partai Demokrat Lumajang Gelar Tes Urin Untuk Bacaleg.

Mansur hidayat | Kamis, 28 Maret 2013 - 16:49:52 WIB | dibaca: 240 pembaca

Text Photo : Suasana ruang tunggu pengambilan tes urine di Kantor DPC Demokrat Lumajang.

Reporter : Lutfia Amerta S.  

 

Lumajang, Menjelang pendaftaran Calon anggota Legislatif Bursa Pemilihan Legislatif 2014 mendatang, Partai Demokrat Lumajang, menggelar tes urine. Pelaksanaan tes uji bersih narkoba ini, diikuti 50 orang Bakal Calon Legislator Partai Demokrat.

Ketika di konfirmasi oleh PedomanSekretaris DPC Partai Demokrat Kabupaten Lumajang M Sofi bersama Sekretaris Penyelenggara Seleksi Bacaleg Eko Subagyo Kamis (28/3/2013) siang, mengungkapkan bahwa pelaksanaan tes urine untuk uji bersih narkoba ini dilaksanakan atas intruksi Ketua DPC Partai Demokrat DR H Sjahrazad Masdar, MA.

Dimana, Partai Demokrat Lumajang ini berharap seluruh Bakal Calon Legislatornya yang berjumlah total 50 orang yang terbagi dalam 5 Daerah Pemilihan (Dapil) benar-benar bersih diri dari narkoba.

“Tentunya, kita ingin menjadi Parpol yang pertama untuk memastikan Bacaleg bersih diri dari narkoba. Agar tidak menjadi masalah di kemudian hari. Tes urine ini juga akan menjadi penentu dalam seleksi yang dilakukan DPC sebelum didaftarkan ke KPU,” kata M Sofi dan Eko Subagyo.

Selain itu pelaksanaan tes urine untuk persyaratan bersih diri dari narkoba ini, juga dilakukan sebagai salah-satu persyaratan pendaftaran Bakal Calon Legislator sesuai Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2013.

“Dimana, hasil tes bersih narkoba juga menjadi salah-satu prasyarat yang memang harus dilakukan. Untuk pelaksanan tes urine ini kita bekerja sama dengan Labkesda (Laboratorium Kesehatan Daerah) Kabupaten Lumajang,” paparnya..

Dalam pelaksanaan tes urine terhadap Bacaleg Partai Demokrat Kabupaten Lumajang ini, satu persatu Calon Legislator mendapatkan kesempatan untuk dilakukan tes secara ketat dengan pengawasan petugas dari Labkesda yang ditugaskan.

Pengawasan ini juga dilakukan oleh panitia seleksi secara ketat, karena satu-persatu Bacaleg yang dimintakan untuk mengisi sample urine di kamar mandi yang disiapkan diawasi secara cermat.

“Tidak ada Bacaleg yang melakukan manipulasi terhadap sample urine yang dimintakan. Kita memastikan itu dengan pengawasan ketat,” paparnya. Setelah memberikan sample urine-nya, satu-persatu Bacaleg menyerahkan kepada personil Labkesda Kabupaten Lumajang untuk kemudian dilakukan pengujian secara terbuka.

“Jika kemudian dari hasil pengujian ini ditemukan ada Bacaleg yang tidak bersih narkoba, jelas kami dari Tim Seleksi Caleg DPC Partai Demokrat Kabupaten Lumajang akan langsung mencoretnya dari daftar Calon Legislator yang akan kami daftarkan ke KPU. Ini menjadi syarat mutlak, karena kami ingin menjadi Parpol yang menjadi contoh bersih narkoba,” demikian tegas M Sofi bersama Eko Subagyo. (lut/pim).

 

 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)