Olahraga

Optimis Sabet Emas di PPDA IX Jatim

Administrator | Rabu, 07 November 2012 - 14:10:11 WIB | dibaca: 290 pembaca

Lumajang, Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) se Jatim ke IX tahun 2012 digelar di Surabaya, dengan mempertandingkan 14 cabang olahraga yaitu : atletik, bulu tangkis, bola voli, bola basket, panahan, pencak silat, renang, senam, sepak takraw, tenis meja, tenis lapangan, sepak bola, gulat dan karate. Pekan Olahraga Pelajar tiap tahun genap ini melibatkan siswa SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK dengan batas kelahiran per 1 Januari 1995 atau sesudahnya.

Dengan kriteria persyaratan dan keabsahan data dilaksanakan secara bergilir pada kabupaten/kota se Jatim dimulai tanggal 1 s.d 6 oktober 2012 di Aula Soegondo Djoyopoespito Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Prov. Jatim. Berulang kali terjadi tarik ulur akan pelaksanaan POPDA, dikarenakan jadwal yang bersamaan dengan pelaksanaan UAS pada sekolah SMP dan SMA. Hingga diputuskan untuk pelaksanakan POPDA IX Surabaya dimulai tanggal 6 s.d 11 Nopember 2012.

Seluruh kegiatan penyelenggaraan selama POPDA berlangsung akan berpusat di kota Surabaya, hanya venue lapangan pertandingan yang berbeda, seperti gulat akan digelar di KONI Jatim Jl. Kertajaya V, Atletik di lapangan UNESA. Untuk kepastian tempat pertandingan masih menunggu keputusan pada saat TM (Tecnicall Meeting) tanggal 5 Nopember 2012. Pada POPDA ke-IX ini, Kab. Lumajang akan menurunkan 58 atlit dan 14 official, dengan mengikuti sembilan cabang olahraga masing-masing : Atletik, Bulu Tangkis, Pencak Silat, Renang, Senam, Sepak Takraw, Gulat, Tenis Lapangan, dan Karate. Empat cabor kab. Lumajang tidak bisa turun, tiga cabor kena degradasi lebih awal sewaktu Pra POPDA di Jember, yakni : Sepak bola, Bola Basket, dan Bola Voli.

Saat Pra POPDA yang lalu tak satupun bisa mencuri rangking juara, dari juara 1 dan 2 yang memenuhi kreteria Lumajang hanya berada pada empat besar. Dan satu cabor lagi yaitu panahan, kab. Lumajang fakum karena tidak adanya fasilitas, pelatih maupun faktor pendukung lainnya. Untuk POPDA 2012 kontingen Lumajang optimis bisa rebut peluang medali emas.

Dari cabang yang berpeluang meraih emas diunggulkan dari atletik lari 100, 200 m putra (Nur Hasan) dan lari 2.000 m putri (Triyani) serta cabor Renang (Cristian Emas Jonathan S) untuk gaya dada 50 m dan gaya punggung 50 m. Kasi Bina Keolahragaan Irianto,SH juga membenarkan Lumajang berpeluang merebut medali sebanyak-banyaknya.

Lain halnya cabang Gulat, tidak bisa memasang target terlalu muluk, permasalahannya mereka yang berangkat di POPDA saat ini merupakan atlit lapis tiga, paling mentok perak lah urai pelatih gulat Lumajang Fathur Rahman yang akan menerjunkan enam (6) anak didiknya. Sebagian besar para pelatih tak berani memasang target tinggi, disamping mental atlit yang masih butuh pembenahan, juga kendala yang dihadapi pelatih karena minat atlit untuk latihan keras masih kurang.

Tidak menutup kemungkinan dari nomor-nomor permainan juga tergantung dengan sistem pertandingan, juga bertemu lawan main yang akan dihadapi. Bahkan bisa juga yang tidak terpredeksi masuk juara malah bisa membuat kejutan nantinya, kecuali cabor yang terukur seperti atletik, renang limit waktunya sudah jelas. Besar harapan pada POPDA kali ini Lumajang bisa berbicara setidak-tidaknya masuk rangking di tingkat Jawa Timur. Mengingat pembinaan olahraga di Kab. Lumajang saat ini sudah cukup bagus.

POPDA adalah pemanasan bagi para atlit-atlit pemula yunior untuk menjajal kemampuannya agar nantinya ada kemajuan prestasi para atlit untuk menuju pada PORPROV pada tahun 2013. Hal ini dimaksudkan sebagai tolok ukur capaian prestasi khususnya pembinaan olahraga selama ini di Kabupaten Lumajang. Hari Senin (5/11/’12) kontingen Lumajang dilepas oleh Kepala Kantor Pemuda dan Olahraga Drs. Siswinarko,MM menuju POPDA IX di Surabaya. (adv)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)