Suara Spiritual

Keris Junjung Derajat : Keris Ampuh Pendongkrak Jabatan

Administrator | Selasa, 28 Juni 2011 - 20:40:23 WIB | dibaca: 561 pembaca

Reporter : Agus Sholeh
 
Lumajang (suaranusantara.com)- Keris merupakan salah satu benda pusaka Jawa yang di jaman modern ini tetap dikeramatkan dan dipercaya mempunyai aura gaib yang sangat kental maupun karya seni yang mempunyai cita rasa tinggi, sehingga keris merupakan warisan budaya yang harus dipertahankan.

Pada jaman dahulu keris dibuat oleh para Empu dengan cara berpuasa selama 41 hari agar senjata yang di buatnya memiliki kesaktian dan keampuhan. Seperti yang diutarakan Sumbar,  spiritualis asal desa Karang Anom, kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang kepada suaranusantara.com Selasa (28/06/11).

ketika di temui dikediamannya, spiritualis yang ahli dalam bidang keris ini menceritakan bahwa keris dibuat khusus sesuai keinginan si pemesan. Pada umumnya keris digunakan sebagai senjata dan diharapkan dapat  memberi kegaiban / tuah tertentu seperti untuk perlindungan, kesaktian, kekuasaan, kepangkatan dan wibawa, atau rejeki (dagang /tani). Kegaiban inilah yang membedakan keris dengan benda-benda atau jenis senjata lain. Tidak mengherankan jika dalam  pembuatan keris ini banyak kisah-kisah mistik yang dibangun beserta tujuan pemakaiannya. Jadi, bila ada keris yang tidak ada gaibnya, maka itu bukanlah keris, melainkan keris-kerisan atau keris souvenir.

“Empu itu tidak sembarangan mem buat keris dan biasanya disesuaikan dengan si pemakainya”, ungkapnya.

Sumbar menambahkan dalam rangka  mendatangkan aura gaib keris, biasanya dilakukan puasa dan tirakat oleh si Empu pembuatnya. Proses ritualnya menggunakan olah batin dan olah spiritual  karena yang akan didatangkan adalah suatu yang gaib untuk masuk atau menjadi khodam penjagannya. Memang proses ini  tidak sama dengan proses mengisikan gaib ke dalam batu cincin atau jimat
yang hanya menggunakan olah batin atau tenaga dalam saja.

“mengisi aura gaib keris butuh tirakat mas”, tambahnya.

Di Nusantara, terutama di tanah Jawa, banyak dikenal jenis keris namun yang paling banyak  dicari  adalah Junjung Drajat, sebuah keris yang bentuknya panjang, luknya 9, memakai pamor perak dan batangnya berbentuk melintir. Keris ini dipercaya sebagian orang  memiki kekuatan gaib untuk mencapai drrajat atau jabatan.

“banyak yang mencari keris Junjung derajat para pejabat “, pungkasnya. (gus/sur)
 
 
 Fotoini ilustrasi dari: : http://www.google.co.id/imgres?imgurl=http://kerismataram.com/view.php/mode/1/img/2464/file/keris_luk_9_panimbal_wos_wutah_mataram_8.jpg&imgrefur










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)