Suara Kebudayaan

Harjalu Kurang Lengkap Tanpa Ziaroh ke Makam Arya Wiraraja

Administrator | Kamis, 15 Desember 2011 - 19:54:41 WIB | dibaca: 353 pembaca

Reporter : Mochamad Imron

Lumajang-
Kemerihan Hari Jadi Lumajang (Harjalu) ke 756 sangat di sesalkan oleh sebagian tokoh spritual. Pasalnya dalam prosesi puncak Harjalu tidak ada satupun pejabat pemerintah kabupaten Lumajang yang melakukan ziaroh kubur ke makam Arya Wiraraja serta ke makam patih nambi yang merupakan tokoh pendiri Kerajaan Lamajang.

Agus Seketaris Padepokan Cipto Wahyu bawono kepada pedomanusantara.com mengatakan, kemeriahan Harjalu ke 756 itu,  kurang lengkap. Sebab tidak ada satupun para pejabat Pemkab Lumajang maupun Dewan perwakilan Rakyat (DPRD) melakukan Ziaroh ke makam para Pendiri kerajaan Lamajang yang sangat tersohor itu.

" Sangat di sesalkan apabila peringatan Harjalu ke 756 tidak di lengkapi dengan ziaroh kepada makam Arya wiraraja maupun ke makam patih nambi," kesal Agus saat di wawancarai pedomannusantara.com di rumahnya Kamis (15/12/2011) malam.

Agus menegaskan, para Pemerintah Kabupaten Lumajang tidak ada rasa berterima kasih kepada para pendiri kerajaan lamajang itu. Padahal Lumajang dulu sebuah kerajaan yang besar setara dengan majapahit sesuai dengan prasasti kudadu yang berisi yaitu, jawa di bagi menjadi 2 bagian yang mana di kenal dengan sebutan Lamajang tigan juru.

" Padahal para tokoh lamajang tidak ingin di kenang namanya. Akan tetapi di hormati sebagai tokoh besar," ujar agus dalam penerawangannya (ron/rpl)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)