Politik & Pemerintah

Hanura, Gerindra, PKB dan PKS Daftarkan Bacaleg ke KPU.

mahsun mohammand | Minggu, 21 April 2013 - 18:41:51 WIB | dibaca: 297 pembaca

Reporter : Lutfia Amerta S.

Lumajang, Terhitung sampai Minggu (21/4/2013) siang, sudah empat Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu di Kabupaten Lumajang yang telah mendaftarkan Bakal Calon Legislator (Bacaleg) ke KPU di Lumajang. Keempat Parpol tersebut, diantaranya PKS (Partai Keadilan Sejahtera), Partai Hanura, Partai Gerindra dan PKB Kubu Kepengurusan H Rofik Abidin, SH, Mhum.

Hanya saja, untuk pendaftaran Bacaleg dari PKB Kubu H Rofik Abidin kembali memanaskan situasi politik menjelang Pemilu Legislatif. Apalagi, saat penjaringan dan pendaftaran Bakal Calon Bupati dan wakil Bupati daridua Kubu Kepengurudsan PKB ini sebelumnya, sempat memanas juga.

Dari pantauan Pedomannusantara.com  dalam pendaftaran Bacaleg hari ini, awalnya KPU Kabupaten Lumajang yang menerima pendaftaran di kantornya Jl. Vetaran Lumajang, nyaris menolak pengajuan pendaftaran Bacaleg dari DPC PKB Kubu Kepengurusan H Rofik Abidin, SH. Mhum.

Namun setelah dilakukan koordinasi melalui komunikasi telepon dengan jajaran KPU Jatim yang mengambil-alih kewenangan KPU Lumajang sesuai SK (Surat Keputusan) 212 tertanggal 7 Desember 2012, pendaftaran Bacaleg PKB Kubu Kepengurusan H Rofik Abidin untuk sementara diterima.

Meski, belum dipastikan apakah akan diterima ataukah tidak pada akhir finalisasi verifikasi pencalegan mendatang. Dimana, pendaftaran Bacaleg untuk Pemilu Legislatif di KPU Kabupaten Lumajang ini sesuai tahapan akan ditutup pada, Senin (22/4/2013) besok.

Pudholi Sandra, SH. MH Komisioner KPU Kabupaten Lumajang kepada Pedomannusantara.com  mengungkapkan, khusus untuk pendaftaran Bacaleg dari PKB Kubu Kepengurusan H Rofik Abidin, setelah dilakukan komunikasi pihaknya diinstruksikan untuk menerima pendaftarannya saja.

“Namun, untuk keputusan proses berkas nanti akan direkomendasikan diterima sebagai peserta Pemilu Legislatif ataukah tidak, itu menjadi ranah kewenangan KPU Jatim. Itu saja yang sementara ini diinstruksikan oleh KPU Jatim kepada KPU Kabupaten Lumajang,” kata Pudholi Sandra, SH. MH.

Apalagi, masih kata Komisioner KPU Kabupaten Lumajang ini, pihaknya belum menerima surat resmi dari DPP PKB terkait adanya kemungkinan rekonsiliasi dari kedua kubu kepengurusan DPC PKB Kabupaten Lumajang untuk mengajukan Bakal Calon Legislatornya (Bacaleg) kepada KPU Kabupaten Lumajang.

“Surat resmi dari DPP PKB ke KPU Kabupaten Lumajang sejauh ini belum ada. Meski demikian, KPU Lumajang dan KPU Jatim tetap berpegang dengan SK Kepengurusan yang disampaikan DPP PKB yang melegalisasi Kubu Kepengurusan Ny. Hj. Siti Masyitah selaku Ketuanya ” bebernya.

Dari empat kepengurusan yang mendapatkan Bacaleg-nya, Pudholi Sandra, SH. MH juga menjelaskan, tiga Parpol telah memenuhi persyaratan keterwakilan perempuan. Diantaranya, untuk Partai Hanura, Gerindra dan PKS.

“Sedangkan, untuk PKB Kubu Kepengurusan H Rofik Abidin belum kita verifikasi. Karena, veifikasi itu masih ada waktu yang akan kita laksanakan setelah penutupan pendaftaran Bacaleg pada besok, Senin (22/4/2013), yang verifikasinya akan kita lakukan secara rinci dan akurat,” ujarnya

Yakni, diungkapkan Pudholi Sandra, SH. MH, mengacu syarat keterwakilan perempuan, struktur kepengurusan di Kabupaten dan SK Kepengurusan dari DPP, siapa yang mendapatkan legalisasi untuk mendaftarkan Bacaleg-nya. “Hasil verifikasi ini, nanti yang menetapkan adalah KPU Jatim,” demikian jlentreh Komisioner KPU Kabupaten Lumajang ini.

Menyangkut proses pendaftaran Bacaleg untuk PKB Lumajang yang masih menyisakan persoalan dualisme kepengurusan ini, Ketua KPU Provinsi Jatim Andry Dewanto Ahmad, SH dalam kesempatan terpisah mengungkapkan, pihaknya secara legal formal sesuai SK DPP PKB, yang diakui adalah tetap kepengurusan Ny. Hj Masyitah dari Kepengurusan H Ali Mudhori. Alasannya, kepengurusannya diakui oleh DPP PKB.

“Kalaupun tehnis sementara ini, pendaftaran Bacaleg dari Kubu H Rofik Abidin diterima, nantinya akan tetap diputuskan melalui Rapat Pleno di KPU Provinsi Jatim. Namun, legalisasinya tetap akan menjadi dasar penetapan sesuai SK legalisasi kepengurusan dari DPP PKB, siapa yang diakui. Rapat Pleno itu akan kita gelar besok, Senin (22/4/2013) pukul 16.00, di Surabaya,” bebernya.

Sementara itu, Syukrillah, SH selaku Sekretaris DPC PKB Kubu Kepengurusan H Rofik Abidin, SH. Mhum menyampaikan kepada Pedomannusantara.com, bahwa pihaknya mendaftarkan Bacaleg ke KPU Kabupaten Lumajang meski diakui nyaris ditolak.

“Awalnya memang terjadi penolakan, namun ketika dilakukan komunikasi dan dimintakan berita acara penolakan tidak diberikan dan akhirnya diterima. Ini hanya karena ketidaktahuan dan ketidak mengertian Komisioner KPU Lumajang saja,” kata Syukrillah, SH.

Apalagi, dalam pencaftaran Bacaleg yang diajukan DPC PKB Kubu Kepengurusan H Rofik Abidin, SH. Mhum memenuhi persyaratan, baik dari sisi keterwakilan perempuan, struktur kepengurusan dan juga SK dari DPP. “Untuk keterwakilan perempuan, kami memenuhi syarat. Struktur kepengurusan juga kami lengkapi,” bebernya.

Jika hari ini pendafaran Bacaleg dipaksanakan diterima da nantinya ada kemungkinan ditolak melalui Rapat Pleno KPU Provinsi Jatim, Syukrillah, SH menyatakan, pihaknya berharap tidak berandai-andai terlebih dulu menyikapi hal ini.

“Diikuti saja dulu prosesnya. Namun kalau kemudian ditolak, kami akan mengambil langkah hukum,” pungkas Syukrillah seraya menyampaikan targetnya bisa mendudukkan 17 wakil di DPRD Kabupaten Lumajang dari DPC PKB Kabupaten Lumajang Kubu Kepengurusan H Rofik Abidin, SH. Mhum. (lut/pim).










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)