Ekonomi

Cilok, Makanan Segala Umur Asli Lumajang

Administrator | Sabtu, 13 Agustus 2011 - 15:46:36 WIB | dibaca: 448 pembaca

Lumajang (suaranusantara.com) Cilok adalah makanan yang terbuat dari tepung kanji dan tepung terigu serta sedikit daging sebagai campuranya. Makanan ini merupakan makanan yang sangat digemari oleh golongan menengah ke bawah dengan segala kelompok umur baik anak-anak, remaja maupun golongan tua. 

Karena hampir semua warga dari semua usia ini menggemari cilok maka para pedagang cilok ini seharinya mampu menjual cilok dalam  jumlah cukup banyak. Seperti yang diungkapkan oleh Budi (45tahun) warga desa Madurejo yang mengatakan bahwa dalam sehari ia bisa menjual cilok sebanyak 6 kilo gram bahan.

“dalam sehari saya membuat cilok 6kg dan semuanya habis terjual, dengan berkeliling dari desa ke desa,” ungkap pria yang rambutnya mulai memutih ini.

Hal senada juga diungkapkan oleh Suraji (56tahun) warga desa Nguter yang mengatakan bahwa dagangannya sebanyak 7 kilo gram, biasanya selalu habis.

“dalam sehari saya bisa mengabiskan 7 kilo gram tepung untuk membuat cilok dan semuanya habis terjual dalam satu hari dengan dikelilingkan kebeberapa desa,”ungkap bapak dari 2 orang anak ini.

Cilok yang dijual ini dimodifikasi dengan berbagai bahan ada cilok yang ditambahi tahu dan ada pula cilok goreng. ternyata makanan cilok  cilok ini berasal dari Lumajang dan kini telah menyebar kebeberapa kota di Jawa timur. (lut/sur/02)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)